ARTIS “KEREN ABIS”

artisArtis-artis di negeri kita tidak cerdas? Saya tidak tahu. Pertama, karena saya bukan artis Indonesia sehingga tidak mungkin saya mampu menjawab pertanyaan seperti itu. Kedua, sebab saya bukan orang atau golongan yang bisa dan biasa berdekatan dengan para artis Indonesia, layaknya manajer artis, asisten artis, atau pemburu berita infotainment. Ketiga, karena saya memang tidak terlalu peduli dengan cerdas atau tidaknya para artis kita.

Tetapi, setiap pembicaraan tentang artis di negeri kita, ingatan saya selalu tertuju kepada Jaya Suprana. Kenapa demikian? Karena dari bos sebuah perusahaan jamu terbesar itulah -paling tidak- muncul jawaban terhadap pertanyaan cerdas atau tidaknya artis di Indonesia. Oh ya, yang disebut artis adalah orang yang bekerja di jagat hiburan, seperti penyanyi, pemain sinetron, bintang film, pelawak, atau yang lainnya.

Jaya Suprana tidak bercanda, itu setahu saya. Ia mengemukakan persepsi tentang artis Indonesia itu sudah lama sekali (kalau saya tidak salah ingat!) dalam acara bincang-bincang di sebuah stasiun televisi. Ketika itu yang menjadi tamu dalam acara tersebut adalah Rano Karno, artis yang kini sudah beralih “profesi”, nyemplung menjadi Wakil Bupati Tangerang, Banten.

Jaya Suprana memuji Rano Karno habis-habisan. Kata Jaya Suprana, Rano Karno adalah sedikit aktor/artis Indonesia yang memiliki kecerdasan dan kepintaran di atas rata-rata. Rano Karno muncul ketika sebagian besar artis seringkali tidak nyambung bila dimintai pendapat atau komentarnya terhadap suatu persoalan. Lalu, benarkah persepsi pria bertubuh tambun dan berkepala plontos itu?

Terserah Anda menilainya. Tapi, begini. Banyak orang memang (termasuk saya) kerapkali geli dan mengelus dada melihat para artis kita dalam memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang dilontarkan kepadanya. Selain nyleneh dan asal-asalan, jawaban yang diberikan juga seperti tidak ada kaitannya dengan pertanyaan yang ditujukan.

Saya hanya akan mengambil satu contoh berupa kata-kata yang sepertinya sudah menjadi trade mark para artis kita dalam memberikan jawaban. Kata-kata itu adalah keren abis. Coba, sekali-kali lihat di televisi kita barang sejenak. Duduk dan perhatikan berapa kali kata itu muncul dalam pergelaran musik atau nyanyi. Banyak banget!

Kata keren abis seperti menjadi mantra sakti yang digunakan para artis kita dalam menjawab pertanyaan yang ditujukan kepadanya. Bahkan kata-kata itu seakan mampu menutup segala persoalan yang hendak ditanyakan kembali oleh presenter atau reporter yang mengejarnya dengan pertanyaan-pertanyaan lain. Keren abis berarti selesailah semuanya!

Ketika seorang reporter televisi menanyakan komentar artis kita terhadap penampilan artis asing yang baru saja selesai konser di negeri kita, maka jawaban yang keluar darinya; keren abis! Artis itu tidak pernah berusaha memaparkan lebih jauh apa yang dimaksud keren abis. Apa lagunya, tata cahaya dan panggung, soundnya, atau apanya.

Saat sebuah grup band ditanya apa perbedaan antara album sebelumnya dan sekarang karena di berbagai media diberitakan bahwa album baru itu menawarkan cita rasa baru; grup band itu tergeragap. Katanya kemudian, pokoknya album yang sekarang keren abis! Sudah gitu saja?!

Manakala debat calon presiden di televisi selesai dilangsungkan, seorang artis yang merupakan pendukung salah satu calon dimintai komentarnya, bagaimana pendapat tokoh jagoannya itu? Sambil tersenyum manis, ia menjawab, keren abis! Artis itu tidak berusaha lebih lanjut mengelaborasi “kekerenabisnya” sang jagoannya itu dengan tokoh yang lain.

Kini kata keren abis melekat kuat di benak saya. Setiap kata itu muncul, maka yang timbul dalam ingatan saya adalah para artis di negeri kita, bukan yang lainnya. Artis yang sekarang juga mulai merambah dunia yang selama ini jarang disentuhnya, yakni dunia politik. Bagaimana ya artis kita di lembaga legislatif? Moga-moga mereka keren abis! * * *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: