NAMA PALING HEBAT; BAMBANG!

Di gagang telepon seorang teman jengkel berat kepada saya. Teman lama, teman sebaya. Laki-laki. Sejak masih duduk di bangku sekolah dasar dahulu.

“Namamu Bambang-kan? Masih lengkap seperti dulu, Bambang Sigit Widiantoro?”

Saya terkekeh mendengar keheranannya. Saya hanya menjawab ringan.

“Ya, iyalah. Belum diganti, dan tidak akan pernah diganti.”

Teman saya tidak puas mendengar jawaban saya. Ia kembali dengan pertanyaan yang lebih lugas.

“Ok. Namamu tidak berubah. Tapi, kenapa kamu menghilangkan kata Bambang sebagai identitas keseharianmu? Ke mana nama Bambang pemberian orang tuamu itu kamu taruh?!”

Saya bingung harus menjawab apa dan bagaimana sebab tuduhan itu memang benar adanya. Saya lebih bingung lagi kok teman saya itu tahu kalau saya sudah sangat jarang menggunakan nama Bambang. Tapi, apalah arti sebuah nama. Bagi saya, itu masalah kecil.

Saya akui, saya lebih suka mencantumkan nama “Sigit Widiantoro” dibanding nama lengkap saya “Bambang Sigit Widiantoro”. Alasan saya sederhana, biar lebih simple. Lagi pula bukankah saya hanya sekadar menghilangkan satu kata dan tidak mengganti nama seperti yang dilakukan seniman, artis, atau malah ustadz sekalipun? Namun, tidak sesederhana itu ternyata bagi teman saya itu.

Teman saya itu tidak bisa menerima tindakan saya menghilangkan nama Bambang. Saya sendiri semula tidak tahu alasannya. Hanya tiba-tiba saya merasa ia tidak senang kepada saya. Jadilah, malam itu saya harus mengikhlaskan kedua telinga saya untuk menerima ocehannya.

“Kamu tahu arti Bambang?” tanyanya mengawali ceramah. Saya tahu saya tak perlu menjawabnya. “Bambang itu artinya ksatria. Pribadi yang memiliki budi pekerti luhur, welas asih, dan suka menolong.”

Teman saya itu mulai bercerita.

Dalam jagat pewayangan, tokoh yang dianggap paling sakti adalah seorang resi bernama Bagawan Bagaspati. Ia memiliki Ajian Candrabirawa sehingga ia tidak bisa mati, kecuali atas kemauannya sendiri. Bagaspati mempunyai watak sabar, ikhlas, percaya akan kekuasaan Tuhan, rela berkorban, dan sangat sayang terhadap sesama.

“Kau tahu siapa nama Bagawan Bagaspati semasa muda?” tanyanya. Saya tak menjawab karena saya memang tidak mendalami dunia pewayangan.

Bambang Anggana Putra!” katanya seolah berteriak. ” Karena itu, Bambang adalah nama yang paling diidam-idamkan setiap orang tua. Di Jawa tak ada nama yang lebih disenangi orang tua di masa lalu maupun masa sekarang, kecuali Bambang. Bambang selalu membawa berkah bagi sesama.”

Saya sedikit larut dalam omongannya.

Katanya lagi, Pak Harto, mantan Presiden kita menamai anak ketiganya Bambang Trihatmodjo. Selain kaya, ia juga terkenal di kalangan atas negeri ini. Aktor paling terkenal di masa lalu adalah Bambang Irawan yang suami artis Ade Irawan dan ayah, artis Ria Irawan. Astronom tanah air yang diakui keilmuannya di dunia adalah Bambang Hidayat.

Ekonom Bambang Subianto dan Bambang Soedibyo pernah merasakan kursi empuk sebagai Menteri Keuangan RI. Wartawan andal hingga menduduki pemimpin tertinggi majalah Tempo bernama Bambang Harymurti. Bambang Hendarso Danuri hingga kini masih menjabat sebagai Kapolri. Bahkan di Universitas Indonesia (UI), enam penguasa fakultas menggunakan nama Bambang, yakni Bambang Brodjonegoro (FE), Bambang Shergi Laksmono (Fisip), Bambang Sugiarto (FT), Bambang Irawan (FKG), Bambang Wipriyono (FKM), dan Bambang Wibawarta (FIB).

Para orang tua paham langkah nama Bambang di esok kemudian hari saat anaknya sudah dewasa. Ia pasti akan menjadi orang penting di negeri ini. Kalaupun bukan orang penting, ia akan menjadi anak yang dikenal banyak orang. Seburuk-buruknya nasib orang bernama Bambang adalah ia akan tetap menjadi kebanggaan orang tuanya.

“Kau ingin jadi Presiden negeri ini di masa depan?” tanyanya mengagetkan saya. Sableng!!! Saya bingung hendak menjawab apa.

“Hei, ingin nggak?!” Mirip sebuah bentakan.

“Memang kenapa?”

“Kalau kepingin, segera cantumkan kembali nama Bambang itu dalam keseharianmu. Tapi, jangan Bambang Sigit Widiantoro. Ganti namamu jadi Sigit Bambang Widiantoro.”

“Kok???”

“Iya. Siapa tahu kamu akan jadi seperti Susilo Bambang Yudhoyono…ha….ha…”

Saya tahu saya telah dikerjain. Telepon langsung saya tutup sebelum teman saya itu menyelesaikan tawanya. * * *

12 Responses

  1. Ehm…
    Mas Bambang eh salah maksudnya Mas Sigit udah pernah nonton film What Is a Name karya Jumpa Lahiri?
    Cerita tentang seorang anak yang menyesal diberi nama Gogol oleh ayahnya. Gogol-Gogol-Gogol….

    Gogol? apaan tuh gak keren amat hehe.
    Jalan ceritanya bagus lho mas…
    Ocre, terimakasih untuk cerita menariknya ya Mas Sigit…

    Salam

    • Waduh apresiasi sy terhadap karya film NOL BESAR! Dr dulu sy kalo film sukanya Steven Seagal. Gak ada yg lain. Dlm soal film sy hanya bisa berkiprah sbg penonton medium hiburan. Blm bisa meningkat trs BOB. Sedih nih….

  2. Thanks dude. Now I know the meaning of my name. It means a lot. I really appreciate it. Thank you🙂

  3. mohon maaf bila saya berpendapat lain,
    Menurut saya nama bambang itu bukan berarti satria, ( dari kisah-kisah wayang yang saya ketahui ) bambang adalah anak dari perkawinan yang bukan istri utama bahkan anak dari perkawinan yang tidah sah.
    MOHON MAAF BILA MENUINGGUNG ORANG.
    SILAHKAN DIRENUNGKAN SENDIRI !!!!

    • Oh, ya??? Ha..ha..ha… Dalang siapa itu? Berani nggak Anda sebutkan? Tapi, saya paham kok maksudnya. JADI, YA SILAKAN JUGA DIRENUNGKAN BUAT SENDIRI SAJA!!!

      • Bambang itu setahu saya artinya “pemuda” / “anak laki-laki” bukan ksatria mas.

        Kalo dalam wayang dia anak arjuna tapi itu juga “bambang irawan” lebih populernya “irawan”

    • mas Slamet yo sing penting Slamet wae wis tak doakna, anak angkat,anak pungut,atau anak selir rak popo sing penting iso dadi panutan , dari pada anak istri utama atau anak raja kalau menyesatkan buat apa hayo , he heeee………anak nggak salah juga nggak bisa milih bapak ibunya siapa ,aku tanya kalau anak haram yang haram siapa hayo…..yang bikin enak siapa ? yang haram siapa?

  4. hey, its my name🙂 i ever think i have a ugly name but, what the meaning of name. success is not about name or meaning name.
    bambang meaning’s is :
    B=>rainy
    A=>mazing
    M=>ature
    B=>rainy
    A=>wesome
    N=>ice
    G=>entle.

    MY NAME IS BAMBANG AND I’M PROUD!🙂

  5. Bambang memang berarti ksatria. Turunan dari Arya,

  6. Serius mas aku aja baru cari arti sebenarnya namaku , pesan kakek kujuga gitu yang buat namaku ,karena waktu lahir aku ,ayah mimpi aku dimakan macan maka dinamakan aku bambang ,eh Alhamdulilah dengan nama bambang sekarang akujadi GM,wah baru cari tau arti nama sekarang karena ada yg nanya sebenarnya arti namu itu apa pak ,jadi aku cari di Gogle eh ketemu nama mas bambang sigit w, makasih sher nya membuat aku tau arti namaku ,seru ceritanya dan lucu I like it

Leave a Reply

